Senin, 23 Februari 2015

ABU MUSA JABIR BIN HAYYAN

ABU MUSA JABIR BIN HAYYAN

Dia adalah Abu Musa Jabir bin Hayyan, atau yang sering dikenal dengan nama Geber (panggilan popular) di dunia Barat, beliau lahir di Kuffah yang bertepatan di Negara Irak pada tahun 722 dan baliau wafat pada tahun 804. Jabi sangatlah ahli dalam bidang kimia. Keahlian tersebut dapat ia miliki dari hasil jerih payahnya dalam belajar kepada Barmaki Vizier, pada masa pemerintahan Harun Ar-Rasyid di Baghdad. Hebatnya,  beliau mampu mengembangkan teknik eksperimentasi sistematis di dalam penelitian kimia, sehingga setiap eksperimen yang telah digunakan dapat direproduksi kembali. Dari hasil risetnya Jabir dapat membuktikan dan menekankan bahwa kuantitas zat berhubungan dengan reaksi kimia yang terjadi, dan dari kesimpulan diatas jabir telah menemukan rumus yang beliau namai “hukum perbandingan tetap”.

selain Kontribusi diatsa jabir juga penyempurnaan proses
kristalisasi, distilasi, kalsinasi, sublimasi dan penguapan serta pengembangan instrumen untuk melakukan proses-proses tersebut.

Bapak Kimia Arab namanya sangatlah terkenal pada masa itu dikarenakan karya-karyanya yang sangat berpengaruh pada ilmu kimia dan metalurgi.

Karya Jabir antara lain:


0 komentar:

Posting Komentar